Mitsubishi XForce Ultimate: Review 6 Bulan, Apakah Masih Worth It?

Mitsubishi XForce Ultimate

JAKARTA, Pinjam Indonesia – Setelah beberapa bulan mengarungi jalanan bersama Mitsubishi XForce Ultimate DS, Evan Pratama, seorang warga Depok, Jawa Barat, kini siap berbagi pengalaman komprehensifnya mengendarai SUV compact andalan Mitsubishi ini. Pengalaman pribadi ini memberikan gambaran nyata tentang bagaimana Mitsubishi XForce Ultimate DS beradaptasi dengan gaya hidup dan kebutuhan penggunanya.

Sebagai informasi, XForce Ultimate DS merupakan varian terbaru yang diluncurkan di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di ICE BSD, Tangerang. Berbeda dari versi sebelumnya, model ini telah dilengkapi dengan teknologi bantuan pengemudi canggih atau Advanced Driver-Assistance Systems (ADAS), yang dirancang untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Evan mengaku membeli unit XForce Ultimate DS, yang juga dikenal dengan julukan Diamond Sense, pada Januari 2025. Sejak awal, daya tarik utama baginya adalah desain XForce yang memang tampak keren dan gagah. “Tampangnya keren, dan juga kabinnya lumayan luas untuk kelasnya,” ungkap Evan kepada Redaksi, Jumat (4/7/2025), mengungkapkan kesan pertamanya terhadap kendaraan ini.

Menurut Evan, Mitsubishi XForce sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari, baik untuk mobilitas di perkotaan yang padat maupun perjalanan jarak jauh ke luar kota. Kenyamanan kabin yang lega menjadi salah satu keunggulan yang paling ia rasakan sejak awal kepemilikan. “Overall, enak-enak saja,” tambahnya, menegaskan kepuasan umum akan kendaraannya.

Secara keseluruhan, Evan menilai pengalaman berkendara dengan XForce Ultimate DS sangat menyenangkan. Menariknya, meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur ADAS canggih, ia sendiri jarang memanfaatkan fitur-fitur tersebut dalam rutinitas hariannya. Salah satu fitur yang kurang sering digunakannya adalah Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, yang memungkinkan mobil menjaga jarak aman secara otomatis dengan kendaraan di depan, bahkan hingga berhenti total. “Saya jarang pakai fiturnya. Awalnya iya (pakai) tapi jadi enggak fokus, enggak kepakai yang di tol,” jelas Evan, mengisyaratkan preferensi mengemudi secara manual.

Terkait konsumsi bahan bakar, Evan merasa bahwa mobil ini cukup efisien untuk kebutuhan hariannya, sehingga ia tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut. “Saya jujur tidak menghitung bensin, tapi sejauh ini nyaman saja,” katanya. Data dari pengetesan Kompas.com menunjukkan bahwa konsumsi BBM XForce berada di kisaran 10 km per liter untuk pemakaian dalam kota. Namun, angka ini bisa bervariasi tergantung pada kondisi lalu lintas dan gaya mengemudi. Pada kondisi jalan yang lebih lancar, efisiensi bisa mencapai 14,6 km per liter di dalam kota dan bahkan 16,5 km per liter untuk rute luar kota.

Selain itu, Evan juga memanfaatkan program servis gratis yang ditawarkan oleh Mitsubishi. Mobilnya belum mencapai jarak tempuh 10.000 km, yang berarti belum ada biaya tambahan untuk perawatan rutin. “Baru mau servis 10.000, jadi masih gratis,” tuturnya, menunjukkan keuntungan dari program purnajual tersebut.

Meski demikian, bukan berarti Mitsubishi XForce Ultimate DS sepenuhnya tanpa catatan. Evan mengidentifikasi beberapa aspek yang menurutnya dapat menjadi pertimbangan bagi calon pembeli. “Suspensinya terasa kaku saja. Jadi kalau melewati jalan bergelombang itu terasa,” keluhnya, terutama karena ia memiliki dua anak kecil yang membutuhkan kenyamanan lebih.

Ia juga mencatat adanya bunyi aneh dari bagian kaki-kaki saat mobil bergerak mundur, meskipun penyebab pastinya masih belum diketahui. “Kalau saya mundur ke belakang itu, ada bunyi. Saya enggak tahu, kotor atau itu bunyi di kaki-kaki,” ucapnya. Selain itu, menurut Evan, lampu belakang standar XForce terlalu kecil, sehingga ia memutuskan untuk menambahkan aksesori lampu demi meningkatkan visibilitas dan keamanan. “Saya tambah aksesori lampu belakang, karena lampu belakangnya kecil. Karena kan gitu doang ya, ngeri takut orang enggak lihat,” imbuhnya.

Meskipun ada beberapa hal yang menjadi catatan, Evan menegaskan bahwa secara keseluruhan, Mitsubishi XForce Ultimate DS tetap merupakan pilihan yang sangat layak dimiliki dan nyaman untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Plus:

  • Desain eksterior yang gagah dan modern
  • Kabin yang nyaman dan lega, ideal untuk keluarga kecil
  • Fitur keselamatan ADAS yang sudah tersemat

Minus:

  • Suspensi terasa kaku saat melintasi jalan bergelombang
  • Ukuran lampu belakang standar yang terkesan kecil
  • Beberapa fitur canggih jarang terpakai dalam penggunaan harian

Ringkasan

Evan Pratama telah mengulas Mitsubishi XForce Ultimate DS setelah beberapa bulan penggunaan, menemukan bahwa varian dengan teknologi ADAS ini menarik berkat desainnya yang gagah dan kabinnya yang luas serta nyaman. Ia menilai mobil ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari, baik di perkotaan maupun perjalanan jarak jauh, meskipun beberapa fitur canggih seperti ADAS jarang ia manfaatkan. Konsumsi bahan bakar dirasa cukup efisien dan mobil ini juga menikmati program servis gratis.

Namun, Evan mencatat beberapa kekurangan seperti suspensi yang terasa kaku saat melewati jalan bergelombang dan bunyi aneh dari kaki-kaki saat mundur. Ia juga menambahkan aksesori karena ukuran lampu belakang standar dirasa terlalu kecil. Meskipun ada catatan tersebut, secara keseluruhan Mitsubishi XForce Ultimate DS dinilai sebagai pilihan yang sangat layak dan nyaman untuk aktivitas harian.

Scroll to Top