Mitsubishi Destinator: Turbo Kalem, Nyaman di Perkotaan?

Mitsubishi Destinator

Sensasi berkendara Mitsubishi Destinator akhirnya bisa dirasakan langsung di jalan raya. Tak lama setelah diperkenalkan dalam World Premiere yang memukau, kami berkesempatan untuk menjalani ‘kencan sehari’ istimewa dengan SUV terbaru Mitsubishi ini pada tanggal 19 Juli. Mitsubishi mengajak kami menjelajahi berbagai rute di Jabodetabek, memberikan kesempatan emas untuk merasakan langsung bagaimana Mitsubishi Destinator beraksi di kondisi lalu lintas sesungguhnya.

Perjalanan uji coba singkat ini dimulai dari kantor PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Pulomas, Jakarta Timur, menuju destinasi akhir di % Arabica PIK Golf Island. Meskipun rute utama berjarak sekitar 40 kilometer, kami sengaja diajak menyusuri pusat kota Jakarta, singgah sejenak di Sarinah, bahkan berhadapan dengan kemacetan di dekat Gerbang Tol Semanggi.

Skenario kemacetan Jakarta ini, tentu saja, menjadi salah satu kondisi yang paling sering akan dihadapi oleh banyak calon pemilik Mitsubishi Destinator di kemudian hari.

Begini Rasanya Pertama Kali Nyetir Mitsubishi Destinator di Jalan Raya

Salah satu aspek krusial yang ingin kami ulas adalah karakter sejati dari mesin turbo 1.499 cc 4B40 milik Mitsubishi Destinator. Dengan tenaga puncak 161 dk dan torsi 250 Nm, pertanyaan besarnya adalah bagaimana performanya di tengah lalu lintas perkotaan. Lazimnya, mobil bermesin turbo kerap menunjukkan karakter unik seperti turbo lag atau power surge pada kecepatan rendah, di mana respons mesin bisa terasa lambat atau tiba-tiba melontarkan tenaga besar.

Namun, Mitsubishi Destinator hadir dengan respons yang mengesankan. Mesin 4B40 terasa begitu kalem dan terkendali saat melaju di perkotaan, terutama ketika indikator ECO menyala pada instrumen digitalnya. Kolaborasi apik antara transmisi CVT dan mapping mesin yang optimal pada kecepatan rendah memastikan setiap tarikan gas memberikan respons yang cukup dan mulus, memungkinkan pengendara untuk bergerak tenang dari kemacetan.

Saat dibutuhkan dorongan tenaga ekstra untuk melaju lebih cepat, pengemudi hanya perlu menekan pedal gas sedikit lebih dalam, dan mesin pun merespons dengan sigap tanpa mengagetkan. Di balik kemudi, Mitsubishi Destinator menawarkan ketenangan luar biasa saat menghadapi kemacetan, mengingatkan pada kenyamanan yang ditawarkan oleh XForce atau Xpander dengan mesin 1.499 cc aspirasi normal 4A91.

Dukungan dari setting suspensi empuk semakin melengkapi pengalaman berkendara. Suspensi ini mampu ‘meratakan’ berbagai kondisi jalanan, mulai dari permukaan yang tidak rata hingga cobbleblock khas Jakarta, menjadikan perjalanan terasa lebih nyaman. Dengan semua keunggulan ini, Destinator membuktikan diri sebagai kendaraan yang adaptif; ia bisa melaju santai dan tenang di tengah kepadatan, namun siap melesat cepat kapan pun pengemudi menginginkannya.

Scroll to Top