Inilah Beberapa Tanda Yang Bisa Dirasakan Saat Per kampas Ganda Motor Matic Melemah
Inilah Beberapa Tanda Yang Bisa Dirasakan Saat Per kampas Ganda Motor Matic Melemah Secara fungsi per kampas ganda ini mengontrol bukaan kampas ganda untuk menempel ke mangkok kopling motor matic.
Pada sistem transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) sepeda motor matic, terutama untuk kapasitas mesin hingga 160 cc, kita akan menemukan tiga buah per kampas ganda. Sementara itu, untuk motor di atas kelas tersebut, seperti Yamaha Xmax, jumlah per kampas ganda bisa mencapai lima buah. Secara fundamental, per kampas ganda ini memiliki peran krusial dalam mengontrol proses bukaan kampas ganda agar dapat menempel dengan sempurna ke mangkok kopling.
Namun, layaknya komponen lain, seiring dengan waktu pemakaian dan intensitas kerja, performa per kampas ganda motor matic ini dapat mengalami penurunan. Penurunan kinerja ini tentu akan berdampak langsung pada pengalaman berkendara Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengenali beberapa tanda per kampas ganda lemah yang mengindikasikan bahwa sudah waktunya untuk penggantian.
Menurut Jun Ahmad, pemilik bengkel JRF di Kapin, Jakarta Timur, salah satu tanda per kampas ganda motor matic melemah yang paling mudah dirasakan adalah sensasi “gredek” atau getaran tidak wajar saat motor baru mulai berjalan atau di putaran bawah. Gejala ini seringkali menjadi indikator utama bahwa per kampas ganda Anda sudah tidak bekerja optimal.
Kondisi per yang telah melemah menyebabkan kampas ganda menempel ke mangkok kopling lebih cepat dari seharusnya, mengakibatkan transfer tenaga yang kurang halus. Tidak hanya itu, akselerasi motor matic Anda juga akan terasa kurang responsif dan menurun, yang tentunya mengurangi kenyamanan berkendara.
Untuk mengembalikan performa akselerasi dan kenyamanan berkendara yang optimal, solusi terbaik adalah dengan segera melakukan penggantian per kampas ganda tersebut dengan komponen yang baru.
Mengenai spesifikasi penggantian, Jun Ahmad menambahkan bahwa hal ini sangat tergantung pada kebutuhan dan spesifikasi motor Anda. Untuk motor dengan kondisi standar, cukup gunakan per kampas ganda bawaan pabrikan yang sesuai. Namun, jika motor Anda sudah mengalami modifikasi seperti bore-up, disarankan untuk memilih spesifikasi per kampas ganda yang lebih keras agar mampu menahan dan melepaskan kampas ganda dengan lebih presisi sesuai kebutuhan performa mesin yang meningkat.
Dengan mengenali tanda-tanda per kampas ganda motor matic melemah ini, Anda dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga performa transmisi CVT dan kenyamanan berkendara motor matic kesayangan Anda.