Kampas Ganda KW Bikin Nyesel
Pinjam Indonesia – Sandy Anggriawan Sasmita, pemilik bengkel Mr. CVT Custom, membagikan pengalamannya mengenai konsumen yang kapok berat setelah tergiur memasang kampas ganda KW pada motor matic mereka.
Fenomena peredaran kampas ganda KW di pasaran kini memang semakin merajalela dan tak jarang menimbulkan keresahan di kalangan pemilik motor matic.
Satu hal yang membuat kampas ganda KW begitu menggoda adalah tawaran harganya yang jauh lebih murah dibandingkan komponen orisinal.
Sandy mencontohkan, sebuah kampas ganda KW untuk Yamaha NMAX bisa dibanderol sekitar Rp 100 ribuan. Padahal, harga kampas ganda original Yamaha NMAX sendiri baru dimulai dari Rp 200 ribuan, sebuah selisih harga yang tentu sangat menggiurkan.
Namun demikian, Sandy tegas mengingatkan para pemilik motor matic agar tidak mudah tergiur dengan iming-iming harga murah dari kampas ganda KW. Sebab, alih-alih menghemat, pembelian komponen palsu ini justru bisa berujung pada pemborosan yang membuat konsumen benar-benar kapok.
Sandy menceritakan sebuah kasus yang dialami di bengkelnya: “Pernah ada konsumen yang sudah mengganti kampas ganda baru, namun keluhan CVT yang masih gredek tak kunjung hilang,” ujarnya. Padahal, konsumen tersebut sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk penggantian komponen baru ini.
Setelah diselidiki lebih lanjut, terungkap bahwa kampas ganda yang baru dipasang konsumen itu adalah produk KW seharga Rp 100 ribuan. “Ternyata kampas gandanya KW. Begitu diganti dengan kampas ganda original, tidak lama kemudian gredek pada CVT motornya pun langsung hilang,” terang Sandy menegaskan perbedaan kualitas yang signifikan.
Sandy menjelaskan secara teknis, penyebab utama masalah ini terletak pada material kampas ganda KW yang cenderung memiliki tapak lebih keras dan licin. “Meskipun sekilas terlihat tebal, permukaan tapaknya justru keras dan licin,” imbuh Sandy. Alhasil, ketika bersentuhan dengan mangkok kampas ganda, komponen tersebut tidak dapat mencengkeram dengan sempurna. “Akibatnya malah selip dan tentu saja memicu munculnya gejala gredek pada CVT motor matic,” pungkas Sandy saat ditemui di bengkelnya yang beralamat di Jalan Pekapuran RT 001/RW 001, Sukatani, Cimanggis, Depok, Jawa Barat.
Niat hati ingin berhemat, konsumen justru harus merogoh kocek lebih dalam karena kampas ganda KW yang sudah terlanjur dibeli akhirnya tidak terpakai dan menjadi mubazir.
Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu menggunakan kampas ganda original yang memang direkomendasikan langsung oleh pabrikan. Jika pun mencari alternatif dengan harga yang lebih terjangkau, pastikan untuk memilih komponen aftermarket dari merek yang sudah terbukti kualitas dan reputasinya, yang umumnya menawarkan kampas ganda dengan harga kompetitif namun tetap menjaga performa.