Honda Civic Type R 2017 Bekas
Saat pertama kali meluncur di ajang GIIAS pada tahun 2017, Honda Civic Type R langsung mencuri perhatian dengan aura balap yang sangat kental. Julukan “RTR” atau Ready To Race memang sangat cocok untuk menegaskan performa beringas yang tersembunyi di balik kap mesin mobil sport asal Jepang ini.
Pembuktian performa Civic Type R datang dari sirkuit legendaris Nurburgring, Jerman. Di trek tersebut, mobil ini berhasil mengukir waktu tercepat sebagai kendaraan berpenggerak roda depan (FWD), bahkan 7 detik lebih cepat dibandingkan generasi pendahulunya. Pencapaian ini membuktikan bahwa Honda Civic Type R memang dirancang dan sangat siap untuk diandalkan di lintasan balap.
Meskipun demikian, dengan wheelbase sepanjang 2.700 mm, Honda Civic Type R tidak hanya tangguh di sirkuit. Secara mengejutkan, mobil ini tetap menawarkan kenyamanan yang memadai untuk penggunaan sehari-hari, menjadikannya pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan sensasi balap tanpa mengorbankan kepraktisan.
Ketika diluncurkan, Honda Civic Type R dibanderol dengan harga yang menyentuh angka hampir Rp 1 Miliar. Di balik harganya yang premium, tersemat mesin berkode K20 berkapasitas 2.000 cc yang dilengkapi dengan tambahan turbo.
Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga puncak hingga 315 dk (320 PS). Namun, besarnya tenaga ini bukan berarti mobil tidak nyaman saat dikendarai perlahan. Dalam kondisi lalu lintas perkotaan yang sering macet dan menuntut perpindahan gas yang konstan (stop and go), mesin tersebut tetap menunjukkan performa yang kalem dan nyaman, tidak liar seperti yang dibayangkan.
Akan tetapi, jika pedal gas diinjak penuh dan perpindahan gigi dilakukan secara manual, tenaga yang tadinya tenang seketika berubah menjadi sangat beringas. Honda Civic Type R sangat mudah mencapai limiter di sekitar 7.500 rpm. Selain ledakan tenaga, aspek lain yang tak kalah mengesankan adalah deru knalpot yang semakin jelas terdengar saat mobil digeber.
Ini berkat adanya skep yang otomatis terbuka saat kondisi full throttle, menghasilkan suara knalpot yang memukau. Sebaliknya, ketika dalam kondisi idle atau melaju perlahan, skep tersebut akan tertutup sehingga suara knalpot tidak terlalu berisik. Dengan karakter seperti ini, Civic Type R benar-benar membuktikan esensinya sebagai mobil yang “ready to race“.
Kisaran Harga Honda Civic Type R 2018 Bekas dan Spesifikasinya, Simak
Transmisi
Bagi para penggemar mobil sport sejati, Honda Civic Type R hadir tanpa pilihan transmisi otomatis. Mobil ini hanya tersedia dengan transmisi manual 6-percepatan. Pilihan ini mungkin bukan yang paling menyenangkan bagi mereka yang tidak terlalu fanatik pada Honda atau Type R, terutama mengingat harganya yang nyaris Rp 1 Miliar saat baru.
Mobil berkode sasis FK8 dan merupakan generasi kelima dari Honda Civic Type R ini mengadopsi sistem tuas transmisi short shift, yang berbeda dari kebanyakan mobil manual biasa. Jarak perpindahan gigi yang sangat pendek ini dirancang layaknya mobil balap, bertujuan untuk mempersingkat waktu perpindahan gigi saat digunakan dalam kecepatan tinggi atau balapan.
Desain kenop transmisi yang bulat mungkin terlihat sederhana, namun saat dipakai dalam kecepatan tinggi, bentuk bulat ini justru memberikan cengkeraman yang jauh lebih ergonomis dan mantap di genggaman. Sayangnya, satu hal yang perlu diperhatikan adalah bobot kopling yang terasa cukup berat. Jika hanya digunakan untuk perjalanan singkat atau di jalan tol yang jarang menuntut perpindahan gigi, hal ini mungkin tidak menjadi masalah. Namun, saat menghadapi kondisi lalu lintas stop and go, pengemudi harus mempersiapkan kekuatan ekstra pada kaki kiri.
Mode Berkendara
Honda Civic Type R menawarkan tiga pilihan mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan preferensi pengemudi. Komputer mobil secara cerdas akan menyesuaikan pengaturan transmisi, suspensi, dan respons mesin agar selaras dengan mode yang dipilih. Pilihan tersebut meliputi mode Comfort, Sport, dan +R.
Mode Comfort jelas dirancang untuk penggunaan harian, menawarkan redaman yang lebih baik untuk kondisi jalan yang tidak rata, seperti yang terasa saat pengetesan di jalan berpermukaan konblok. Di sisi lain, mode +R diperuntukkan bagi mereka yang mendambakan adrenalin dan performa maksimal. Saat diaktifkan, mode +R akan membuat setir terasa lebih berat, suspensi menjadi lebih keras, dan respons throttle mencapai puncaknya.
Dalam pengetesan, mode Comfort terbukti paling nyaman dalam meredam ketidakrataan permukaan konblok. Sementara itu, sepanjang pengetesan di kecepatan tinggi, mode +R sangat membantu dan efektif dalam meningkatkan kualitas handling mobil, memberikan pengalaman berkendara yang responsif dan mengasyikkan.
Spesifikasi
- Mesin 2.000 cc 4 silinder VTEC Turbo.
- Tenaga maksimum 310 PS (305 dk) @ 6.500 rpm.
- Torsi maksimum 400 Nm @ 2.500 – 4.500 rpm.
- Transmisi Manual 6-percepatan dengan 3 mode berkendara; +R, Sport dan Comfort.
- Dimensi (P x L x T) 4.557 x 2.076 x 1.434 mm.
- Wheelbase 2.699 mm.
- Gorund clearance 126 mm.
- Ukuran ban 245/30 – R20.
- Bobot 1.420 kg.
- Kapasitas tangki 46 liter.
- Suspensi depan MacPherson Strut.
- Suspensi belakang Multi Link.
- Rem depan Brembo calipers featuring cross-drilled 13.8-inch.
- Rem belakang Solid 12.0-inch rotors.
- Fitur keselamatan ABS + EBD + BA.
- Akselerasi 0 – 100 km/jam 5,8 detik (klaim).