Cakram Lebar Motor Matic: Upgrade Performa atau Sekadar Gaya?

Cakram Lebar Motor Matic

Fenomena modifikasi pada sepeda motor matic semakin marak, terutama pada bagian pengereman. Mayoritas pemilik motor matic kini memilih untuk mengganti piringan cakram bawaan dengan ukuran yang lebih besar. Umumnya, cakram standar pada motor matic seperti Honda Vario 125 atau 150 hanya memiliki diameter 190 mm. Namun, di pasaran kini banyak tersedia piringan cakram dengan diameter lebih variatif, mulai dari 220 mm hingga 260 mm.

Pemasangan cakram berdiameter lebih besar ini tak hanya memberikan sentuhan estetika yang signifikan, mendongkrak penampilan motor matic secara keseluruhan. Lebih dari sekadar visual, penggantian piringan cakram ini juga menawarkan sejumlah keunggulan performa yang patut dipertimbangkan.

Salah satu keunggulan utama yang langsung terasa adalah peningkatan kualitas pengereman. Seperti yang dijelaskan oleh Rully Manarullah, pemilik bengkel R-Auto Works (RAW), “Bicara kelebihan sudah pasti rem jadi lebih pakem dari bawaan standar.” Ini berarti pengendara dapat merasakan respons pengereman yang jauh lebih sigap dan efektif.

Ia menambahkan bahwa cakram yang lebih besar memiliki bidang kontak yang jauh lebih luas. Dengan bertambahnya diameter cakram, area gesek antara piringan cakram dan kampas rem menjadi lebih besar, secara otomatis meningkatkan gaya pengereman yang dihasilkan.

Tidak hanya itu, piringan cakram berdiameter besar juga lebih efektif dalam mengelola panas. Panas yang dihasilkan cenderung lebih minim, menjaga suhu pengereman tetap stabil. Hal ini berdampak pada performa rem yang konsisten dan tetap pakem, bahkan saat motor digunakan dalam durasi yang lebih lama atau pada kondisi pengereman intens.

Transformasi sistem pengereman dengan cakram berukuran lebih besar dari standar ini kini mudah ditemukan di pasaran, memberikan banyak pilihan bagi pemilik motor matic yang ingin meng-upgrade kendaraannya.

Namun, setiap peningkatan tentu memiliki konsekuensi. Rully juga mengingatkan tentang satu kelemahan signifikan dari penggunaan cakram berdiameter besar ini: “Kelemahannya kampas rem jadi cepat habis betul karena gesekan yang semakin tinggi,” ujarnya. Gesekan yang lebih intensif memang berpotensi mempercepat keausan kampas rem, memerlukan penggantian lebih sering.

Scroll to Top