BMW E36 Idaman: Penyakit Umum, Tips Beli Biar Gak Boncos!

Mobil legendaris BMW Seri 3 E36 kini telah menginjak usia lebih dari dua dekade, menjadikannya pilihan menarik di pasar mobil bekas. Namun, dengan usia yang tidak lagi muda, calon pembeli BMW E36 bekas harus sangat teliti dalam melakukan pemeriksaan. Penting untuk memperhatikan berbagai sektor krusial, mulai dari kondisi mesin, interior, hingga sektor kaki-kaki.

Salah satu keluhan paling sering yang dibagikan oleh para pengguna BMW E36 di berbagai forum adalah masalah yang muncul pada sektor mesin. Penyakit umum yang kerap menghantui adalah kondisi panas berlebih di mesin atau overheat. Mashadi, seorang teknisi berpengalaman dari Exclusive Gerage di Tebet, Jakarta Selatan, membenarkan bahwa masalah overheat memang lazim terjadi pada mobil-mobil Eropa seperti BMW.

Menurut Mashadi, fenomena overheat ini sebagian besar disebabkan oleh konstruksi sistem pendinginan mobil Eropa yang kurang sesuai dengan iklim tropis di Indonesia. Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa biang kerok utama di balik masalah overheat BMW E36 biasanya ada dua: kegagalan fungsi pada visco fan atau water pump yang tidak bekerja optimal. Kedua komponen ini adalah jantung dari sistem pendinginan mesin.

Jika visco fan atau water pump sudah terindikasi rusak, Mashadi sangat menganjurkan agar komponen tersebut segera diganti. Tindakan cepat ini sangat penting untuk mencegah kerusakan menjalar ke bagian mesin lain yang lebih vital, seperti cylinder head. Untuk visco fan, ada opsi penggantian dengan unit baru atau, sebagai solusi yang lebih disarankan, mengupgrade ke electric fan. Penggunaan electric fan dinilai lebih andal, terutama mengingat kondisi lalu lintas di Indonesia yang sering terjebak kemacetan dan situasi stop n’ go yang intens.

Lebih lanjut, Hadi juga memberikan peringatan khusus terkait sistem pendinginan BMW E36 yang menggunakan sistem vakum. Ia menekankan pentingnya tidak sembarangan memilih bengkel untuk perbaikan atau perawatan. Proses bleeding radiator pada BMW E36 sangat krusial dan harus dilakukan dengan benar. Menurutnya, masih banyak bengkel yang kurang memahami prosedur ini, dan kesalahan dalam proses bleeding bisa berakibat fatal pada mesin mobil.

Pada akhirnya, Mashadi meyakinkan bahwa jika semua komponen dalam sistem pendinginan dan bagian mesin lainnya berada dalam kondisi prima, mesin BMW E36 sebenarnya tergolong reliable dan sangat layak untuk digunakan sebagai kendaraan harian, memberikan kenyamanan berkendara yang khas.

Table of Contents

Ringkasan

BMW Seri 3 E36 bekas menjadi pilihan menarik meski usianya sudah lebih dari dua dekade, sehingga calon pembeli harus teliti memeriksa kondisi mesin dan kaki-kaki. Masalah umum yang kerap menghantui adalah panas berlebih pada mesin atau overheat, sebagian besar disebabkan oleh sistem pendinginan mobil Eropa yang kurang sesuai iklim tropis. Biang kerok utama overheat ini biasanya visco fan atau water pump yang tidak berfungsi optimal.

Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, komponen yang rusak harus segera diganti, bahkan disarankan meng-upgrade visco fan ke electric fan untuk keandalan lebih baik. Penting juga untuk memastikan proses bleeding radiator dilakukan dengan benar karena sistem pendinginan BMW E36 menggunakan vakum, dan tidak semua bengkel memahami prosedur ini. Namun, jika semua komponen sistem pendinginan dan mesin lainnya prima, mesin BMW E36 dinilai sangat reliable untuk penggunaan harian.

Scroll to Top