BMW E28 520i Klasik: Panduan Beli Mobil Bekas Impian, Ceklist Wajib!

BMW E28 520i Klasik

Memiliki mobil bekas BMW E28 520i klasik memang menggiurkan, namun jangan sampai terburu-buru membelinya. Ada beberapa aspek krusial yang wajib diperiksa secara menyeluruh agar investasi Anda pada mobil klasik ini tidak berakhir sia-sia. Panduan lengkap ini akan membantu Anda menemukan unit terbaik.

Fokus pertama saat memeriksa BMW E28 520i bekas adalah kelengkapan komponen eksterior. Menurut Albert Antonius dari bengkel SAS Bodywork, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, “Yang wajib diperhatikan adalah kelengkapan body parts.” Ia menjelaskan bahwa mulai dari lis bodi, gril, bemper, hingga lampu, semuanya harus dalam kondisi lengkap. Pasalnya, mencari stok suku cadang bodi untuk E28 di pasaran sangat sulit, bahkan cenderung langka.

Ketersediaan komponen eksterior yang utuh sangat penting. Albert menambahkan, “Mengambil dari copotan pun, kondisinya paling tidak berbeda jauh.” Ini mengindikasikan bahwa meskipun ada, komponen copotan seringkali sudah tidak dalam kondisi prima, sehingga bisa menambah biaya restorasi yang tidak sedikit.

Setelah eksterior, beralih ke bagian interior. Usahakan untuk mencari unit dengan kondisi interior yang masih mulus dan kencang. Hal ini bukan hanya soal kenyamanan, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang. “Kondisi interior yang lengkap, mulus, dan orisinal akan menaikkan harga dari E28,” jelas Albert, menekankan nilai tambah yang signifikan dari bagian dalam mobil.

Mengenai masalah karat, Albert menyebutkan bahwa wajar jika ditemukan sedikit karat pada mobil klasik seperti BMW E28. Namun, ia mengingatkan agar karatnya tidak terlalu banyak atau parah. Kabar baiknya, masalah karat ini masih bisa diperbaiki dan direparasi oleh bengkel spesialis bodywork, asalkan tingkat kerusakannya belum terlalu masif.

Lalu, apa saja komponen yang paling sulit ditemukan untuk BMW E28 520i ini? “Lampu belakang dengan kondisi bagus, dan karet pada bemper depan belakang,” ungkap Albert. Ia melanjutkan, “Kalaupun ada yang jual, harganya mahal, bisa lebih dari Rp 2 juta untuk karet bemper.” Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak memilih E28 yang sudah kehilangan karet di bagian bempernya.

Senada dengan Albert, Jendy, salah satu pengguna setia BMW E28, turut menyoroti bagian lain. “Lis karet bagasi dan karet pintu depan juga sebisa mungkin cari yang utuh,” timpalnya. Sekali lagi, keterbatasan barang menjadi kendala utama dalam pencarian komponen-komponen ini. Berbeda dengan komponen bodi, untuk spare part mesin dan kaki-kaki, ketersediaannya tidak terlalu menjadi masalah, karena beberapa toko onderdil masih menjualnya.

Melihat kompleksitas dan tantangan dalam menemukan komponen tertentu, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan secara teliti dan menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas BMW E28 520i klasik. Pemeriksaan cermat akan memastikan Anda mendapatkan unit yang sesuai harapan dan meminimalkan biaya restorasi di kemudian hari.

Scroll to Top