Pinjam Indonesia
  • Home
  • Autos
  • Finance
  • Bisnis
Baca: Shockbreaker Jebol? Servis vs. Aftermarket: Solusi Hemat Terbaik!
Bagikan
Pinjam IndonesiaPinjam Indonesia
Font ResizerAa
  • Home
  • Autos
  • Finance
  • Bisnis
Search
  • Home
  • Autos
  • Finance
  • Bisnis
Copyright © pinjam.gadaibpkb.co.id. All Rights Reserved.
Autos

Shockbreaker Jebol? Servis vs. Aftermarket: Solusi Hemat Terbaik!

livina By livina Last updated: 3 menit baca
Bagikan

Shockbreaker Jebol? Servis vs. Aftermarket

Inti Artikel
Shockbreaker Jebol? Servis vs. AftermarketRingkasan

BOGOR, Pinjam Indonesia – Setiap komponen pada sepeda motor memiliki usia pakainya, tak terkecuali shockbreaker motor, terutama bagian belakang. Seiring waktu dan frekuensi melintasi jalanan yang tidak rata, komponen ini dapat lebih cepat mengalami kerusakan atau bahkan “mati”, kehilangan kemampuannya untuk meredam guncangan secara optimal.

Ketika performa suspensi motor mulai menurun drastis, para pemilik motor seringkali dihadapkan pada dilema: apakah lebih baik melakukan servis shockbreaker yang sudah ada, atau justru menggantinya dengan produk aftermarket murah jika bujet menjadi kendala utama?

Menanggapi persoalan umum ini, Zafar, pemilik bengkel spesialis suspensi motor MZ Shockbreaker di Bogor, memberikan pandangannya. Menurutnya, jika anggaran terbatas, opsi terbaik adalah melakukan servis atau rekondisi shockbreaker bawaan pabrik, ketimbang terpikat pada produk aftermarket dengan harga yang terlalu terjangkau.

“Menyetelnya (keras-empuk) lebih nyaman dan responsif jika memakai yang orisinal, karena bahan bakunya memang berkualitas. Sementara itu, shockbreaker aftermarket murah seringkali mengecewakan, percuma saja, karena kualitas internalnya juga kurang baik,” jelas Zafar kepada Kompas.com, pada Jumat (4/7/2025).

Zafar menambahkan bahwa yang dimaksud dengan shockbreaker aftermarket murah biasanya adalah produk dengan banderol di bawah Rp 1 juta, bahkan bisa lebih rendah lagi. Kualitas internal yang kurang mumpuni ini berisiko membuat pengguna harus kembali ke bengkel untuk penyetelan ulang, yang pada akhirnya justru menambah biaya tak terduga.

“Kecuali jika harganya memang lumayan tinggi, katakanlah di atas Rp 1 juta. Produk semacam itu umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus dan sebanding dengan harganya,” imbuhnya, membedakan antara produk aftermarket yang berkualitas dan yang tidak.

Baca Juga  MPV 7 Seater Terbaik 2024: Rekomendasi Mobil Keluarga Idaman!

Untuk layanan servis shockbreaker belakang, Zafar menetapkan harga mulai dari Rp 125.000 untuk jenis skuter matik. Namun, untuk model tertentu seperti Yamaha NMAX yang menggunakan shockbreaker ganda, terdapat penanganan khusus. Shockbreaker NMAX seringkali mengalami masalah baret pada bagian as, yang mengharuskan penggantian komponen tersebut.

“Untuk NMAX, as-nya memang sering baret sehingga wajib diganti. Total biaya servis NMAX mencapai Rp 450.000, itu sudah termasuk penggantian as, seal oli baru, dan penyetelan rebound agar kembali nyaman,” pungkas Zafar, memberikan gambaran detail biaya perbaikan suspensi motor.

Ringkasan

Shockbreaker motor dapat mengalami penurunan kinerja seiring waktu, terutama bagian belakang, sehingga pemilik dihadapkan pada dilema antara servis atau penggantian. Zafar dari bengkel MZ Shockbreaker menyarankan servis atau rekondisi shockbreaker bawaan pabrik sebagai opsi terbaik jika anggaran terbatas. Hal ini karena komponen orisinal dinilai memiliki kualitas bahan baku yang lebih baik untuk kenyamanan dan responsivitas.

Shockbreaker aftermarket murah, umumnya di bawah Rp 1 juta, seringkali mengecewakan karena kualitas internal yang kurang baik dan berisiko menambah biaya di kemudian hari. Produk aftermarket yang lebih mahal umumnya memiliki kualitas yang sebanding. Biaya servis shockbreaker belakang mulai dari Rp 125.000 untuk skuter matik, sementara untuk Yamaha NMAX mencapai Rp 450.000 karena sering membutuhkan penggantian as dan penyetelan ulang.

Related posts:

  1. Toyota Sienta 2018 Bekas: Harga Anjlok! Sekarang Segini, Worth It?
  2. Sirion 2011 Bekas Harga Mahasiswa: Irit, Cocok Buat Kuliah!
  3. Mazda CX-5 Terbaru: Lebih Premium, Interior Bersih, Harga & Fitur
  4. Yamaha Gear Touring Harian: Modifikasi Ultima, Gaya Maksimal!
Baca Juga  Innova Bekas: Muat Banyak, Mewah, Harga Mulai [Harga Termurah]!
TAGGED:biaya servis shockbreakerservis shockbreakerShockbreaker motorZafar MZ Shockbreaker
Bagikan artikel ini
Facebook Twitter Copy Link Print
Artikel sebelumnya Tekanan Ban Mobil: 5 Alasan Pentingnya Cek Rutin + Tips!
Artikel selanjutnya Mobil Hybrid Termurah Juli 2025: Adu Harga, Pilih yang Terbaik!
Menghapus Nama dari BI Checking SLIK OJK
Finance

Tips Menghapus Nama dari BI Checking SLIK OJK yang Sudah Lunas

livina livina
Saham Blue Chip
Finance

Analisis Risiko Investasi Saham Blue Chip untuk Pemula

livina livina
UMKM yang Gagal Bayar Pinjaman
Bisnis

Solusi UMKM yang Gagal Bayar Pinjaman dan Restrukturisasi untuk Bertahan di Masa Sulit

livina livina

You Might Also Like

Jaecoo J5 EV
Autos

Jaecoo J5 EV, Mobil Listrik Premium dengan Harga Bersahabat Siap Meluncur di Indonesia

9 menit baca
Vario 150
Autos

Mengetahui Ukuran Kapasitas Tangki Vario 150 dan Biaya Isi Bensin Full Secara Lengkap

10 menit baca
Kaisar Triseda New 200
Autos

10 Motor Roda Tiga Matic Paling Irit dan Terjangkau Tahun Ini

11 menit baca
Bunyi Klotok pada Mesin Mobil
Autos

7 Penyebab Bunyi Klotok pada Mesin Mobil dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

8 menit baca
Pinjam Indonesia

Dapatkan informasi terkini tentang bisnis, keuangan, dan otomotif di Pinjam.gadaibpkb.co.id. Pelajari cara pinjam dana aman dengan jaminan BPKB mobil atau motor untuk mendukung kebutuhan finansial anda

Resouce

  • Home
  • Autos
  • Finance
  • Bisnis
  • Kebijakan Kami
  • Kontak kami
  • Sitemap
  • Tentang Kami
Baca: Shockbreaker Jebol? Servis vs. Aftermarket: Solusi Hemat Terbaik!
Bagikan
Copyright © pinjam.gadaibpkb.co.id. All Rights Reserved.
Go to mobile version
Welcome Back!

Sign in to your account

Lost your password?